Pages

Kamis, 02 Juni 2011

PULAU DERAWAN


Hai blogger,kalau sebelumnya kita ngebahas wisata di Kalimantan Barat nah sekarang kita mendarat yuuk ke Kalimantan Timur tepatnya di Pulau Derawan.Pulau Derawan itu terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter.Tempat ini terkenal banget keindahannya,namun masih jarang yang mengunjunginya.Yaa mungkin karena lokasinya yang bukan saja lumayan jauh tapi memang sangaaaat jauh terutama para penduduk di pulau Jawa atau Sumatera.Bisa kalian lihat betapa birunya air di pulau tersebut, dan katanya di sana kalian bisa divingdan naik perahu untuk berkeliling melihat-lihat pemandangan di sana.Seru kan? Seru dooong!Oh iya terumbu karang disana juga masih diirawat dengan baik sekali,di bawah ini ada beberapa foto Pulau Derawan ini dia:


Pulau Derawan ini disebut juga pulau hijau yang merupakan habitat penyu-penyu.Aduuh makin kepengen ke sana yaaa
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter loh. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).
Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger.


 




      

Sebuah pulau dengan permukaan air laut berwarna gradasi biru dan hijau yang memukau, hamparan pasir nan lembut, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, dengan hutan kecil di tengah-tengah pulau yang merupakan habitat dari bermacam jenis tumbuhan dan hewan serta keindahan alam bawah laut yang mempesona. Tidak heran apabila pulau ini bisa menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf dunia dan menjadikan pulau ini sebagai pulau impian bagi para penyelam.

Sangatlah mudah untuk mencapai pulau cantik ini. Anda bisa langsung terbang selama kurang lebih 3 jam menuju Balikpapan dengan menggunakan pesawat dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta atau Denpasar. Dari Balikpapan, Anda masih harus terbang menuju Tanjung Redeb selam satu jam dengan menaiki pesawat KAL Star, Deraya atau DAS. Selain itu, Tanjung Redeb juga bisa dicapai melalui laut, dengan menaiki kapal dari Samarinda atau Tarakan ke Tanjung Redeb dilanjutkan dengan menyewa motorboat.

Udah dulu ya temen-temen, kapan-kapan kita lanjutin lagi dengan wisata wisata lain oke! byeeee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar