Pages

Selasa, 12 April 2011

Attribute To Kartini : Jepara Oh Jepara

R.A Kartini
Untuk orang Indonesia, khususnya para wanita pasti kenal sama salah satu pahlawan yang kita kenal dengan peristiwa emansipasi wanita, yap benar sekali dialah R.A Kartini. Beliau lahir di jepara tanggal 21 April. Berhubungan sekarang bulan april jadi kita akan sedikit membahas tentang Kartini. Well, bukan sejarahnya atau kisah cintanya tapi kita akan membahas tentang tempat kelahirannya yaitu Jepara.
Jepara mungkin bukan tempat wisata sefavorit bali atau Lombok, tapi jepara juga punya tempat-tempat yang patut dikunjungi. Sehubungan dengan hari kartini kita akan membahas sedikit tempat yang berhubungan dengan kartini. Contohnya Pantai Kartini, dan Museum R.A Kartini. Tapiiii tenang aja kita bakal ngasih tau tempat-tempat cool lainnya.


MUSEUM R.A KARTINI

Suka barang antik? Suka sejarah? Atau ngefans sama R.A Kartini? Museum R.A Kartini tempat yang pas!

Museum Kartini terletak di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di Alun-alun No.1, Jepara, di sebelah utara Pendopo Kabupaten Jepara. Seperti namanya museum R.A kartini tentunya menyimpan barang-barang peninggalan R.A Kartini. Museum terbagi menjadi 4 ruangan yang terdiri dari :

  • Ruang I
    Badan K untuk koleksi peninggalan R.A.Kartini berupa benda-benda serta foto semasa masih hidup.
  • Ruang II
    Kaki K atas berisi benda-benda peninggalan RMP Sosrokartono.
  • Ruang III
    Kaki K bawah untuk penyajian (1) benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, dll. (2) hasil kerajinan Jepara yang terkenal, antara lain ukir-ukiran, batik troso, keramik, anyaman bambu, dan rotan.
  • Ruang IV
    Gedung T berisi tulang ikan raksasa ‘Joko Tuwo’ yang panjangnya kurang lebih 16 meter, yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989.

interior museum
patung dada .A Kartini

Alamat:
Museum R.A.Kartini
Alun-alun no.1
Jepara
Jawa Tengah

PENGUNJUNG


Senin s/d Jum'at :
Anak :Rp 2.000,-
Dewasa :Rp 3.000,-
Sabtu s/d Minggu&Hari libur :
Anak :Rp 3.000,-
Dewasa :Rp 5.000,-

KENDARAAN

Sepeda motor : Rp 1.000,-
Sedan/Jeep/dan sejenisnya :Rp 2.500,-
Mini bus : Rp 5.000,-
Bus besar / Truk : Rp 10.000,-
Sumber? Klik Disini

 PANTAI KARTINI

indahnya sunset di pantai kartini

Indonesia sudah terkenal dengan wisata baharinya naaah Pantai Kartini bias jadi salah satu list untuk dikunjungi. Obyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek wisata ini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara.

Seperti tempat wisata laut lainnya, pantai kartini juga mempunyai toko souvenir serba laut. Pantai Kartini juga menjadi tempat berlangsungnya adat “LOMBAN”. Event ini merupakan event budaya milik masyarakat Kabupaten Jepara yang berlangsung selama 1 hari tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Sebetulnya nama obyek wisata Pantai Kartini lebih dikenal dengan sebutan “PEMANDIAN” pikiran mereka langsung tertuju pada satu maksud yaitu Pantai Kartini, bukan obyek wisata yang lain. Istilah “PEMANDIAN” berasal dari kata “MANDI” yang mengandung pengertian “tempat untuk mandi”.
Di wilayah Pantai Kartini ini ada kura-kura raksasa eits bukan kura-kura raksasa beneran kok tapi Aquarium yang bangunannya berbentuk kura kura raksasa atau bernama Kura-Kura Ocean Park. 
  1.  Kura-Kura Ocean Park
Lantai bawah bangunan Kura-Kura yang difungsikan sebagai taman laut terdiri dari sebuah akuarium besar (main aquarium) yang berisi ikan-ikan berukuran besar dari jenis : Hiu, Penyu Sisik, Pari, Giant Trafelly (GT), Kakap, Kerapu, Jenaha, Triger, Mimi & Mintuna, Buntal, dan jenis ikan lainnya. Akuarium dinding berjumlah 12 buah dan 4 buah akuarium meja (portable) berisi beberapa jenis ikan laut dan ikan air tawar berukuran kecil dan sedang. Ada pula 1 buah kolam sentuh (touch pool) yang berisi ikan komunitas air tawar utamanya kura-kura jinak yang dapat dipegang oleh pengunjung. Dan yang paling istimewa adalah terapi ikan (fish spa) yang berisi ribuan ikan Garra Rufa yang berasal dari Turki. Bagian depan lantai bawah digunakan sebagai pintu masuk dan keluar, tempat penjualan tiket, dan beberapa kios souvenir khas Jepara.
Lantai Atas Bangunan Kura-Kura durencanakan untuk mini theatre dan lounge.














Senin s/d Jum'at :
Anak :Rp 7.500,-
Dewasa :Rp 12.500,-
Sabtu s/d Minggu&Hari libur :
Anak :Rp 12.500,-
Dewasa :Rp 17.500,-

FISH SPA (SPA IKAN)

Senin s/d Jum'at :
Anak :Rp 10.000,-
Dewasa :Rp 15.000,-
Sabtu s/d Minggu&Hari libur :
Anak :Rp 15.000,-
Dewasa :Rp 20.000,-

THEATRER KURA-KURA

Senin s/d Jum'at :
Anak :Rp 2.000,-
Dewasa :Rp 3.000,-
Sabtu s/d Minggu&Hari libur :
Anak :Rp 3.000,-
Dewasa :Rp 5.000,-

Sumber? Klik disini

SHOPPING TIME!

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, belanjaaa!! yap benar sekali gak lengkap rasanya kalo berwisata tapi gak bawa oleh-oleh. Nah di tempat-tempat berikut ini kita akan menyajikan wisata belanja di Jepara :
  1. Pasar Kerajinan, Margoyoso 
  2. Pasar  Karangrandu, Karangrandu
  3. Pasar ini merupakan pusatnya tempat jajanan tradisional untuk makanan kecil ada gethuk lindri, horog-horog,gethuk kicak, hoyog-hoyog , klepon ketan, bubur, gemblong, klenyem dan masih banyak yang lainnya. pecel kangkung , pecel rumpul laut, bothok petet, pepes ikan, sate keong dan berbagai macam gorengan lainnya. Untuk minumannya ada es cendol, es gempol pleret , es kacang ijo , es ketan ireng dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Karena lengkapnya jajanan yang disajikan maka pasar Karangrandu menjadi salah satu tempat paling dikunjungi.
  4. Pasar Apung, Demaan
  5. Shopping Center Jepara 

pasar karangrandu
     












    Belanja? sudah. Jalan-jalan ke pantai dan museum? sudah. Apa yang kurang? Isi perut!! Berkunjung ke suatu daerah tentunya harus nyicip sedikit makanan khas disana. Dibawah ini ada list makanan khas Jepara :
    • Pindang Serani









    • Rondo Royal (Monyos) = tape goreng yang dibungkus tepung.








    • Klenyem (Lempok) = ketela parut goreng isi gula merah, mirip misro mungkin kalo di Jakarta.





    • Kenyol (Gantilut) = ketela parut dibungkus daun pisang dan tengahnya diisi gula merah, cara masak dikukus.
    • Nogosari = tepung dibungkus daun pisang dan tengahnya diisi buah pisang masak, cara masak dikukus.
    • Moto Belong = ketela parut dibungkus daun pisang dan tengahnya diisi buah pisang masak, cara masak dikukus, dan disajikan dengan cara dipotong-potong agak miring menyerupai bola mata dan dimakan dengan kelapa yang diparut dicampur sedikit gula.
    • Poci = tepung dari ketan yang dibungkus daun pisang dan dibentuk kerucut diisi campuran kelapa parut dan gula merah.
    • Kuluban = urap-urap dengan nangka muda, kacang panjang dan daun mudanya, tauge mentah, dan buah petai, disajikan mentahan.
    • Pecel Ikan Laut Panggang = ikan laut bakar dengan bumbu sambal santan kelapa.
    • Horok-horok* = makanan yang sangat langka dan hanya ditemukan di jepara ini dibuat dengan bahan baku sagu. dengan cara pembuatan yang cukup aneh yaitu menggunakan sisir rambut. bentuknya seperti busa sterofom yang kenyal dengan rasa sedikit asin. biasanya dimakan sebagai campuran bakso,gado-gado, ataupun lainnya.
    • Horok-Horok Janganan = Horok-horok* di beri sayur-sayuran seperti: Daun Bayam, Toge, Kacang Panjang, bong (bambu muda), dll, lalu di beri sambal.
    • Horok-Horok Cecek = Horok-horok* yang dimakan dengan lauk cecek (Seperti Sate Kulit)
    • Bontosan = adonan krupuk ikan tenggiri dalam bentuk gelondongan dan sudah dikukus.
    • Sate Udang dan Sate Kerbau
    • Terasi Jepara
    • Kacang Oven
    • Kacang Jepara = Kacang tanah yang masih ada kulitnya alias belum di kupas kulitnya, di sangrai dengan pasir putih sampai warna kulit kacang menjadi kehitaman.
    • Durian Petruk (Durio Zybethinus Kultivar Petruk)
    • Jeruk Jepara (Limnocitrus Littoralis (miq) Swingle)
    • Gereh Iwak Teri = Ikan teri yang dijadikan semacam ikan asin, kebanyakan dari pulau karimunjawa.
    • Latuh/Lato = sejenis rumput laut, enak dimakan dalam keadaan segar, dan konon bisa menyembuhkan radang tenggorok, amandel.
    • Tempong (blenyik) = ikan teri mentah yang dikeringkan, bentuknya seperti bakwan.
    • Sutet = Susu Telor Tegangan Tinggi 
      (sumber)

      Jalan-jalan sudah, belanja sudah dan makan juga sudah kayanya postingan ini kemungkinan sudah lengkap. Jadi, selamat berjalan-jalan ke Jepara ya! Sekali-sekali berkunjung ke tempat yang mempunyai nilai sejarah tinggi gak bakal bikin kuper kok! Semoga postingan kita bermanfaat.
      See you in the next post!

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar